Home / Fikrah / Workshop TIK Pesantren dan Tabligh Akbar “Jaltsatul Itsnain” Ribath Nurul Hidayah Tegal

Workshop TIK Pesantren dan Tabligh Akbar “Jaltsatul Itsnain” Ribath Nurul Hidayah Tegal

a1

 

Kamis pagi, 27 Februari 2014 sejumlah perwakilan santri pondok pesantren dan majelis ta’lim se Kabupaten dan Kota Tegal berkumpul di Aula Pondok Pesantren Ribath Nurul Hidayah, Bedug, Pangkah, Tegal. Mereka berkumpul untuk mengikuti Workshop TIK Pesantren yang diselenggarakan berkat kerjasama Majelis Al Muwasholah Bayna Ulama-il Muslimin Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informasi, UPN Veteran Jawa Timur, serta yayasan Ribath Nurul Hidayah.

a0

 

 

a8

Acara yang berlangsung 2 hari ini diawali dengan pembukaan oleh Pengasuh Ponpes Ribath Nurul Hidayah, Abuya Al Habib Sholeh bin Ali Al Atthos. Beliau merupakan alumni Ma’had Darul Musthofa, Hadhromaut, Yaman, asuhan Al ‘Allamah Al Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz yang juga pendiri Majelis Al Muwasholah Bayna Ulama-il Muslimin.

a7

Abuya Al Habib Sholeh bin Ali Al Atthos membuka sambutannya dengan mengucapkan terima kasih kepada Tim Workshop TIK Pesantren yang mempercayakan kepada Ponpes Ribath Nurul Hidayah untuk menggelar workshop yang diharapkan sangat bermanfaat untuk pesantren demi meluaskan dakwah baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Beliau juga membicarakan tentang pentingnya internet sekarang ini guna membendung konten-konten diluar aswaja yang kian meresahkan masyarakat.

a10

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan Internet Marketing oleh Ust. Rofi’uddin, Pelatihan Jurnalistik oleh Mahasiswa UPN Veteran, penjelasan Internet Sehat oleh Tim Relawan TIK Jawa Tengah, serta pengukuhan Relawan TIK Kabupaten Tegal oleh perwakilan Majelis Al Muwasholah Ustadz Novianto Puji Raharjo. Malamnya acara dilanjutkan dengan penampilan marawis dari Ponpes Ribath Nurul Hidayah kemudian dilanjutkan dengan diskusi tentang internet untuk pesantren.

 

a9\

 

a12

Hari kedua acara dilanjutkan dengan pelatihan membuat website serta pelatihan Live Streaming baik streaming audio maupun streaming video. Kemudian acara dilanjutkan dengan sarasehan semua peserta tentang pesan dan kesan selama mengikuti workshop TIK Pesantren. Semua peserta merasa sangat senang bisa mengikuti workshop ini dan akan diterapkan untuk Pesantren dan majelis ta’lim masing-masing.

a13

Acara ditutup dengan Tabligh Akbar “JALTSATUL ITSNAIN” bersama Ponpes Ribath Nurul Hidayah di Taman Rakyat Slawi Ayu. Tabligh Akbar ini merupakan agenda rutin bulanan Ribath Nurul Hidayah untuk mengajak masyarakat berdzikir mengikuti thoriqoh Al ‘Allamah Al Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz.

a14

Tabligh Akbar ini dihadiri ribuan warga dari berbagai daerah, setelah sebelum acara Tegal diguyur hujan deras namun pada saat acara hujan itu berhenti. Tabligh Akbar ini diisi dengan pembacaan Ratib Al Atthos , Maulid Ad-Dhiyaul Lami’, Dzikir Allohu Alloh 313x serta tausiyah dari Abuya Al Habib Sholeh bin Ali Al Atthos dan KH. Muhammad Thohawi dari Tegal.

a3 a4 a5 a6 a16 a17 a18 a20 a21 a23 a24

Check Also

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *